Macam-macam Interval Waktu Sinyal


Learn Enginer - Setalah membahas tentang pengertian dan macam-macam sinyal, pada kesempatan ini akan membahas tentang interval waktu sinyal.
Secara umum sinyal dibatasi oIeh dua waktu pembatas, satu untuk tanda sinyal tersebut dimulai dan yang lain tanda bahwa sinyal tersebut berakhir. Sebuah sinyal bisa jadi merupakan sinyal yang terus ada sampai tak terhingga. Sedangkan sinyal lain mungkin hanya ada dalam interval waktu yang terbatas.
Berdasarkan batasnya, sinyal (baik diskrit maupun kontinu) dapat dibagi menjadi:

Interval Waktu Berhingga (Finite-time Axis)
Sinyal yang termasuk golongan ini memiliki dua batas yang sarna-sarna jelas. Hal ini membuat suatu sinyal memiliki interval waktu yang berhingga. Sinyal demikian dapat langsung diketahui kapan mulai dan berakhirnya. Dengan kata lain, sinyal seperti ini memiliki interval yang terbatas atau berhingga.
Pada prinsipnya, sinyal dengan interval waktu berhingga dapat diketahui dengan mudah panjang intervalnya karena terbatas. Sinyal ini dibatasi oleh waktu saat dimulai pembacaan dan waktu saat pembacaan diakhiri. Sinyal yang berupa pulsa merupakan salah satu sinyal yang sering dipergunakan dalam teknik elektro. Karena sinyal ini memiliki lebar tertentu, maka interval waktunya juga berhingga.

Interval Waktu Setengah Tak Terhingga (Semi-in Finite-time Axis)
Pada interval waktu ini hanya memliki satu batas yang jelas karena batas yang lain adalah tak terhingga baik negatif maupun positif berbeda dengan interval waktu berhingga yang memiliki dua batas yang jelas. Nah, nilai tak berhingga ini dipergunakan untuk menunjukkan ketidaktahuan kita terhadap nilai batas yang dipergunakan.

Interval Waktu Tak Terhingga (Infinite-time-axis)
Sinyal jenis ini memiliki dua batas yang sama-sama tidak jelas, artinya batas sinyal ini adalah negatif tak terhingga dan positif tak terhingga. Dengan kata lain, sinyal ini tidak memiliki awal dan akhir.
Penggolongan sinyal dalam interval waktu berhingga atau setengah tak berhingga atau tak berhingga sebenarnya sangat dipengaruhi dari sisi bagaimana kita melihat sinyal ini.

Demikian pembahasan tentang interval waktu sinyal. Semoga bermanfaat.
Tags: Pengertian interval waktu, macam-macam interval waktu sinyal

0 Response to "Macam-macam Interval Waktu Sinyal"

Post a Comment