Pengertian Sinyal dan Sistem




1. SINYAL
Menurut Huibert Kwakernaak, sinyal adalah sebuah fenomena yang muncul dari suatu lingkungan tertentu dan dapat dinyatakan secara kuantitatif. Sinyal dikatakan sebagai fenomena artinya sinyal itu membawa informasi. Sinyal dikatakan secara kuantitatif artinya dari sinyal kita bisa mendapatkan persamaan matematika walaupun hanya berupa pendekatan. Baca juga macam-macam sinyal yaitu sinyal diskrit dan sinyal kontinu

Menurut Willsky, sinyal adalah fungsi dari variabel bebas. Salah satu variabel bebas untuk sinyal adalah waktu. Oleh karena itu, sering dikatakan bahwa sinyal adalah fungsi waktu.

Contoh dari sinyal secara umum adalah:
- bit-bit yang dikirimkan komputer
- jumlah mahasiswa baru di sebuah kampus
- suhu ruangan yang dicatat setiap detik
- kecepatan angin di suatu daerah
- ketinggian air pada sungai
- jumlah produksi dari sebuah mesin setiap jam
- ECG (Electro Cardio Graphs) yaitu sinyal yang direkam dari aktivitas jantung
- EEG (Electro Encephalo Graph) yaitu sinyal yang direkam dari aktivitas otak.

2. SISTEM
Menurut Huibert Kwakernaak, sistem adalah bagian dari lingkungan yang menyebabkan sinyal tertentu dalam lingkungan itu dapat saling dihubungkan. Secara singkat sinyal masukan dan sinyal keluaran dihubungkan melalui sistem.

Contoh dari sistem secara umum adalah:
- Komputer
- Universitas
- Pabrik
- Bendungan
- Pembangkit listrik tenaga angin
- oven
- instrumentasi alat kesehatan

Sebuah sistem memproses sinyal masukan untuk menghasilkan sinyal keluaran. Di dalam sistem terdapat banyak aturan untuk memproses yang dinyatakan dalam bentuk persamaan matematika. Secara umum tidak ada hubungan antara jumlah sinyal masukan dengan keluaran. Oleh karena itu, seseorang tidak dapat menyimpulkan bahwa sistem dengan n masukan harus memiliki m keluaran.



Arah sinyal masukan selalu menuju sistem, sedang sinyal keluaran selalu menjauhi sistem. Hal ini berlaku untuk sistem dengan satu blok. Hal yang sama dapat dikembangkan untuk sistem dengan banyak blok.

Tags: Pengertian sinyal dan sistem, Isyarat dan sistem, teknik elektro

0 Response to "Pengertian Sinyal dan Sistem"

Post a Comment